Pembahasan materi Akuntansi Internasional (Diskusi Standar Akuntansi Negara Inggris)

AKUNTANSI INTERNASIONAL

 

 

STANDAR AKUNTANSI NEGARA INGGRIS

 

Pembahasan materi tanggal 1 April 2013, senin

Soal:

  1. Sebutkan standar akuntansi Negara inggris!
  2. Adakah pengaruh sistem pemerintahan dan bentuk negara terhadap standar akuntansi negaranya (negara  Inggris)?
  3. Sebutkan 5 prinsip – prinsip akuntansi sesuai UU tahun 8!
  4. Sebutkan 6 Dewan akuntansi kerajaan Inggris!
  5. Sebutkan Macam-macam   laporan keuangan dan cara-cara perhitungan akuntansi di negara Inngris!

Jawaban:

  1. Standar akuntansi Inggris
  • Regulator : CCAB (Consultative Committee of Accountancy Bodies), FRC (Financial Reporting Council, AIDB (Accountancy Investigation dan Discipline Board), POB (Professional Oversight Board)
  • Regulasi : Undang-Undang Perusahaan 1981 dan profesi akuntansi
  • Laporan keuangan : laporan direktur, akun laba dan rugi serta neraca, laporan arus kas, laporan keseluruhan laba dan rugi, laporan kebijakan akuntansi, catatan yang direferensikan dalam laporan keuangan, dan laporan auditor. Perusahaan kecil dan menengah dibebaskan dari banyaknya kewajiban laporan keuangan termasuk laporan gabungan, dan diizinkan untuk menyusun akun singkat dengan informasi minimun yang telah ditentukan sebelumnya.

 

2. Pengaruh sistem pemerintahan dan bentuk negara dengan standar akuntansinya:

Ada, pengaruhnya antara bentuk pemerintahan negara inggris dengan standar akuntansinya. Bentuk pemerintahan negara inggris adalah kerajaan. Dimana peraturan- peraturan untuk akuntansinya juga menyesuaikan dengan bagaimana sistem negaranya, atau dengan kebiasaan negaranya. Kemudian inggris itu negara pernah menjajah beberapa negara, Inggris juga mempengaruhi negara lain. Inggris mempengaruhi negara yang pernah ia jajah baik secara tidak langsung, baik dalam culture , pemerintahan, dan lainnya.5

 

3. Prinsip- prinsip Akuntansi sesuai UU tahun ‘81:

Undang-undang tahun 1981 juga menetapkan 5 prinsip akuntansi dasar:

1.Pendapatan dan beban disesuaikan dengan dasar akrual

2.Aset dan Kewajiban individu dalam setiap golongan asset dan kewajiban dihitung secara terpisah

3.Prinsip konservatisme (kehati-hatian) diterapan, khususnya dalam pengenalan penghasilan yang didapat dan semua kewajiban dan kerugian yang ditemukan.

4.Penerapan kebijakan akuntansi yang konsisten diharuskan dari tahun ke tahun.

5.Prinsip perusahaan yang terus berjalan bisa diterapkan untuk entitas yang seang dihitun.

Undang-undang tersebut berisi aturan valuasi yang luas yang didalamnya akun bisa didasarkan pada harga perolehan atau biaya sekarang.

 

4. 6 dewan akuntansi Inggris:

Enam dewan akuntansi di Kerajaan Ingris berikut ini dihubungkan memaliu Consultative Committee of Accountancy Bodies (CCAB), yang dibentuk pada tahun 1970.

1.The Institute of Chartered Accountants In England and Wales

2.The Institute of Chartered Accountants In England in Ireland

3.The Institute of Chartered Accountants In England in Scotland

4.The Association of Chartered Certified Accountants

5.The chartered Institute on Managemant Accountants

6.The Chartered Institute of Public Finance and Accountancy

 

 

5. Macam-macam laporan keuangan dan cara perhitungan akuntansi di Negara Inggris:

 

  • Laporan Keuangan Inggris

 

Laporan keuangan Inggris merupakan yang paling komprehensif di dunia. Laporan keuangan biasanya mencakup:

1.Laporan direktur

2.Akun laba dan rugi serta neraca

3.Laporan arus kas

4.Laporan keseluruhan laba dan rugi

5.Laporan kebijakan akuntansi

6.Catatan yang direferensikan dalam laporan keuangan

7.Laporan auditor

Laporan direktur menyebutkan aktivitas pokok bisnis, tinjauan operasi dan perkembangan yang akan terjadi, kejadian penting pasca penyusunan neraca, dividen yang dianjurkan, nama-nama direktur pemegang sahamnya, dan kontribusi politik serta sumbangan amal. Perusahaan-perusahaan yang terdaftar harus menyertakan laporan mengenai penguasaan bersama dengan pengungkapan mengenai gaji direktur, komite audit dan kendali internal, dan sebuah pernyataan bahwa perusahaan berjalan dengan baik. Laporan keuangan harus memberikan pandangan yang adil dan benar mengenai keadaan dan keuntungan perusahaan. Untuk mencapai hal ini, informasi tambahan mungkin diperlukan, dan dalam keadaan tertentu persyaratannya bisa dikesampingkan. Yang terakhir dikenal juga dengan “ Pengesampingan yang adil dan benar”.

Laporan keuangan grup hanya diwajibkan untuk neraca perusahaan induk. Kendali “perusahaan” cabang terjadi ketika perusahaan induk. Keistimewaan lain laporan keuangan inggris adalah bahwa perusahaan – perusahaan kecil dan menengah dibebaskan dari banyaknya kewajiban laporan keuangan. Companies Act yang menentukan criteria ukuran perusahaan.

 

  • Penghitungan Akuntansi

 

Inggris memperbolehkan adanya metode akusisi dan penggabungan akuntansi untuk kombinasi bisnis. Namun syarat-syarat penggunaan metode penggabungan sangat terbatas sehingga hamper tidak pernah digunakan. Di bawah metode akusisi, goodwilldihitung sebagai selisih antara harga pasar dari uang yang dibayarkan dan harga pasar dari asset bersih yang diakusisi.

Aset-aset bisa dihitung pada harga perolehan, biaya sekarang, atau menggunakan gabungan keduanya. Jadi , revaluasi tanah dan bangunan diperbolehkan. Depresiasi dan amortisasi harus berhubungan dengan dasar perhitungan yang digunakan untuk asset-aset yang mendasarinya.

Pinjaman yang menggantikan risiko dan penghargaan kepemilikan kepada penyewa dikapitalisasi dan kewajiban sewa ditunjukkan sebagai utang. Biaya provisi pension dan kepetingan pengunduran diri lainnya harus dihitung secara sistematis dan rasional pada periode selama jasa pegawai ditunjukkan.

Semua perusahaan inggris diizinkan untuk menggunakan IFRS alih alih GAAP Inggris yang baru saja dijelaskan, jadi inisiatif Uni Eropa pada tahun 2005 untuk perusahaan-perusahaan yang terdaftar diperluas untuk perusahaan – perusahaan Inggris yang tidak terdaftar juga.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s