BIARKAN UANG yang BEKERJA

BIARKAN UANG yang BEKERJA

 

Ada banyak alasan mengapa orang menabung. Salah satunya adalah mengejar target dana. Bagi penabung yang termasuk golongan ini, mencapai jumlah dana sebanyak- banyaknya adalah dambaan. Dibutuhkan kejelian agar tabungan optimal dan dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Bagi yang mempunyai cukup uang untuk memenuhi pengeluaran bulanan minimum selama dua bulan hingga dua tahun tanpa harus bekerja dapat digolongkan sebagai mereka yang telah memperoleh perlindungan keuangan. Jika orang tersebut memiliki cukup banyak investasi yang relatif aman dan hasilnya mencukupi kebutuhan dan gaya hidup yang  diinginkan tanpa harus bekerja, maka orang tersebut digolongkan telah mencapai kebebasan keuangan.

 

INVESTASI

 

Berbicara tentang investasi , ada bermacam- macam pilihan yang tersedia sebenarnya. Yang lazim adalah berinvestasi di pasar modal, dengan saham dan raksa dana. Selain itu, properti juga menjadi salah satu pillihan yang cukup diminati.

Menabung memang salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan dana. Namun, sebagai pilihan berinvestasi, tabungan kerap dianggap tidak menarik. Bahkan, mengingat bunganya yang sangat kecil, banyak juga orang yang menganggap bahwa tabungan bukan sebagai investasi. Namun , saat ini mulai muncul produk tabungan yang memilliki nilai investasi lumayan. Bahkan, ada tabungan yang menawarkan bung lebih tinggi dibandingkan deposito.

Maka, kuncinya adalah investasi. Pada prinsipnya, terdapat perbedaan mendasar antara tabungan dengan investasi. Dilihat dari tujuannya, tabungan umumnya lebih bersifat jangka pendek dan merupakan dana yang dapat diambil sewaktu- waktu dibutuhkan. Berbeda halnya dengan investasi  yang lebih bersifat jangka panjang dan menekankan pada pertambahan nilai aset.

Sudah menjadi kelajiman bahwa suatu yang menawarkan hasil yang lebih tinggi akann memiliki resiko yang lebih besar pula (high Risk high return). Peluang- peluang seperti ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan asset, tentu saja dengan memperhatikan bahwa dana yang dipergunakan  bukanlah dana yang sewaktu- waktu dibutuhkan, alias dana “menganggur’. Jika ditelisuri lebih jauh, perolehan keuntungan pada tabungan biasanya berasal dari bunga. Sedangkan investasi, umumnya berupa deviden, kupon, atau penambahan dari harga pasar.

Jadi, saat ini menabung bukan hanya tempat atau ajang untuk menyimpan uang/ dana belaka. Namun, dari menabung kita juga bisa menambah dana/ mengumpulkan dana.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s