KOPERASI

Koperasi merupakan suatu lembaga yang berazas kekeluargaan. Suatu lembaga yang dijalankan dengan mengandalkan, kekompakkan, gotongroyong, dan kekeluargaan. Dan biasanya koperasi menggunakan sistem bagi hasil. Dan koperasi juga merupakan suatu lembaga yang demokrasi, dan juga dalam menjalankan sebuah lembaga koperasi harus memiliki sifat amanah, dan mampu bekerjasama yang baik.

Dalam sebuah koperasi,  yang menentukan maju/ tidaknya sebuah koperasi itu adalah sifat kekeluargaan dan gotongroyong yang baik. Karena apabila dalam suatu koperasi tersebut jlalinan kekeluargaan dan gotongroyong dan pedulinya tidak baik maka sistem manajemen yang ada didalamnya tidak akan berjalan dengan baik, karena sifat kekeluargaan dan gotongroyon yang baik merupakan kunci utama terbentuknya sebuah koperasi. Semakin baik dan tinggi tingkat / nilai kekeluargaan & gotongroyong anggota dari suatu koperasi maka koperasi itu akan berkembang baik, begitu pula sebaliknya.

Dan sifat amanah, juga sangat berpengaruh dalam sebuah koperasi. Karena dalam  lembaga ini, menganut sistem demokrasi. Oleh karena itu, harus beriringan dengan sikap amanah, artinya setiap anggota harus mampu memiliki nilai/ sifat dapat dipercaya. Dan terhadap setiap anggota, harus salling adanya sifat keterbukaan mengenai keuangan ataupun sistem yang ada dalam koperasi tersebut.

Itulah yang menentukan maju atau tidaknya sebuah koperasi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s