Lima Jurus agar Keuangan Keluarga Mantap

TIPS KEUANGAN

Lima Jurus agar Keuangan Keluarga Mantap

 

Dalam kondisi krisis seperti keuangan seperti saat ini, kita harus lebih cermat  lagi dalam mengatur keuangan keluarga, terlebih seorang ibu. Berikut ini lima hal yang dapat dipertimbangkan untuk kita coba dan lakukan.

  1. Tabungan baru yang lain. Maksudnya, banyak keluarga yang menetapkan berbagai pos pengeluaran terlebih dahulu, baru kemudian “sisanya” ditabung. Cara ini membuat tabungan tidak optimal dan cenderung – apabila ada pengeluaran – pengeluaran tambahan diluar yang rutin , tabungan akan dikorbankan. Yang dianjurkan adalah sebaliknya., tetapkan dahulu sejumlah dana untuk ditabung, tentu saja setelah mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Baru menetapkan pos- pos pengeluaran lainnya.
  2. Tetapkan prioritas dan disiplinkan diri untuk  menuruti apa yang direncanakan. Kunci dari keuangan keluarga yang mantap adalah perencanaan yang baik. Namun, dalam perencanaan agar tidak keliru, tetapkan dahulu prioritas. Utamakan hal- hal yang penting seperti pendidikan dan kesehatan anak, baru kemudian hal- hal yang tidak terlalu penting.
  3. Jangan mengutak- ngatik tabungan jika memang belum waktunya. Maksudnya , jika tidak benar- benar dibutuhkan dalam keadaan darurat, sebaiknya tabungan tidak ditarik- apalagi tabungan jangka panjang, seperti untuk pendidikan anak.
  4. Manfaatkan fitur asuransi. Banyak produk tabungan berjangka atau rencana ,saat ini disertai dengan fitur  asuransi. Dengan demikian, target dana atau rencana yang diinginkan tetap tercapai meskipun terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.
  5. 5. Mulailah hari ini juga. Anda/ kita mungkin telah mengetahui ada banyak produk tabungan yang baik dan bermanfaat, namun merasa belum waktunya untuk memiliki. Sayangnya, kita sebenarnya tidak pernah mengetahui dengan pasti kapan dana tersebut kita butuhkan. Oleh karena itu, selagi ada kesempatan , segeralah untuk menabung.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s