SAAT YANG TEPAT UNTUK MENABUNG

Saat yang Tepat untuk Menabung

Mendadak semua orang berbicara tentang krisis ekonomi. Berita- berita di media massa akhir- akhir ini sama sekali tidak menggembirakan. Kondisi perekonomian semakin buruk. Ribuan orang di-PHK. Tak pelak, dalam keadaan seperti ini, setiap orang dituntut untuk lebih cermat dan bijaksana dalam mengelola keuangan.

Sudah bukan saatnya lagi berfoya- foya. Setiap orang harus bisa membedakan , mana yang merupakan “ kebutuhan “ dan mana yang “keinginan”. Kebutuhan mestinya lebih didahulukan, jadi jika tidak penting- penting sekali, keinginan sebaiknya ditunda dahulu. Dana yang “menganggur” sebaiknya disimpan saja. “prinsipnya  berhemat- hemat dahulu, bersenang- senang kemudian”. Lebih baik menabung ketimbang bersikap konsumtif.

Kepercayaan

Pada dasarnya bisnis bank adalah bisnis “kepercayaan”. Betapa tidak? Bisnis ini , seseorang “menitipkan’ sejumlah uang untuk dikelola. Jika ia tidak percaya pada pengelola, tentu ia tidak  berani menitipkan uang. Oleh karena itu kepercayaan nasabah kepada bank perlu dijaga dengan baik. Bagi nasabah , faktor kredibilitas dan bonafiditas menjadi salah satu faktor penentu dalam memilih bank. Tanpa kepercayaan nasabah, bank bisa gulung tikar.

Ada masa dimana masyarakat menganggap bahwa bank yang bonafit dan layak dipercaya adalah bank yang dikelola pemerintah. Sementara, faktor usia juga kerap disebut sebagai tanda bahwa sebuah bank layak dipercaya. Anggapan ini cukup masuk akal, karena tidak mungkin bank dapat bertahan dalam usia panjang jika tidak dipercaya.

Tentu saja selain kredibel dan dipercaya, faktor lain yang semakin banyak dipertimbangkan dalam memilih bank adalah jasa dan layanan yang diberikan.  Apalagi dengan semakin maraknya pemanfaatan layanan berbasis teknologi informasi atau lebih dikenal juga dengan perbankan elektronik, masing- masing bank berlomba menawarkan beragam fitur dan fasilitas demi kemudahan bertransaksi.

Lantas, apakah berarti fungsi tabungan ditinggalkan? Tidak juga. Sebaliknya , dengan semakin beragamnya kebutuhan masyarakat, maka bank pun menghadirkan produk- produk tabungan sesuai kebutuhan. Beberapa tahun belakangan ini mulai muncul tabungan berjangka. Tabungan berjangka adalah produk tabungan dimana nasabah bisa melakukan setoran rutin setiap bulannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s