Sanksi Pajak

SANKSI PAJAK

Sanksi Pidana

Sanksi pidana ini dapat diterapkan pada Wajib Pajak, Pihak Ketiga, bahkan pada aparat pajak. Pihak ketiga bisa dikenakan sanksi pidana apabila tidak dapat berkerja sama dan tidak memenuhi kewajiban dalam memberikan keterangan dan data pada otoritas pajak. Pidana dapat pula dikenakan pada setiap orang yang menghalang pemeriksaan dan penyidikan serta menganjurkan atau membantu orang untuk melakukan pidana perpajakkan.

Pidana yang dikenakan bagi aparat pajak berhubungan dengan kerahasiaan wajib pajak serta kesengajaan penetapan pajak yang tidak sesuai dengan UU. Sanksi pidana biasanya disertai dengan sanksi Administrasi berupa denda, walaupun tidak selalu ada. Hal- hal yang dapat menyebabkan sanksi pidana dan bentuk sanksinya dapat juga dilihat pada tabel sanksi denda. Dari segi ketentuan yang mengatur , sanksi pidana dapat digambarkan sebagai berikut:

Sanksi Pidana dalam UU KUP

1. Pasal 36A ayat (3) UU KUP

1.     Aparat Pajak                   2.  Pasal 41 UU KUP

1. Pasal 38 UU KUP

2.    Wajib Pajak                    2. Pasal 39 UU KUP

3. Pasal 39A UU KUP

1. Pasal 41A UU KUP

3.    Pihak Ketiga                    2. Pasal 41B UU KUP

3. Pasal 41C UU KUP

4. Pasal 43 UU KUP

Pelanggaran terhadap kewajiban perpajakkan yang menyangkut tindakan administrasi perpajakan dikenakan sanksi administrasi, sedangkan yang menyangkut bidang perpajakkan dikenakan sanksi pidana. Dapat terjadi wajib pajak dikenakan baik sanksi administrasi maupun sanksi pidana, bergantung pada kasusnya. Dengan diberlakukannya sanksi perpajakan sebenarnya diharapkan adanya peningkatan kesadaran wajib pajak untuk mematuhi kewajiban perpajakkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s