BAB. 8 PASAR MODAL

BAB. 8 PASAR MODAL

8.1 Pengertian Pasar Modal

Pasar modal dalam arti sempit adalah suatu tempat yang terorganisasi dimana efek -efek diperdagangkan yang disebut Bursa efek. Bursa efek atau stock exchange adalah suatu system yang terorganisasi yang mempertemukan penjual dan pembeli efek yang dilakukan baik secara langsung maupun dengan melalui wakil-wakilnya. Fungsi bursa efek ini  antara lain adalah menjaga kontinuitas pasar dan menciptakan harga efek yang wajar melalui mekanisme permintaan dan penawaran.

Selanjutnya definisi pasar modal menurut kamus pasar uang dan modal adalah pasar kongkret atau abstrak yang mempertemukan pihak yang menawarkan dan yang memerlukan dana jangka panjang,yaitu jangka satu tahun keatas .Abstrak dalam pengertian pasar modal adalah transaksi yang dilakukan melaului mekanisme over the counter.

 

Sedangkan menurut Dvid L. Scott pasar modal adalah pasar untuk dana jangka panjang dimana saham biasa,saham preferen dan obligasi diperdagangkan.

Menurut Marzuki Usman (1989), pasar modal adalah pelegkap di sector keungan terhadap dua lembaga lainnya yaitu bank dan lembaga lainnya yaitu bank dan lembaga pembiayaan. Pasar modal memberikan jasanya yaitu menjembatani hubungan antara pemilik modal dalam hal ini disebut sebagai pemodal (investor).

8.2 Instrumen Pasar Modal

1. Saham merupakan surat berharga yang bersifat kepemilikan, artinya pemilik saham merupakan pemilik perusahaan struktur permodalan dalam perusahaan berbentuk PT

2.   Obligasi merupakan instrumen hutang bagi perusahaan yang hendak memperoleh modal yang keuntungannya dalam bentuk kupon.

8.3  Para Pemain Pasar Modal

 

Para Pemain Utama di Pasar Modal

1.      Emitten, perusahaan yang melakukan penjualan surat berharga memilih dua macam instrumen yang merupakan kepemilikan ialah saham dan instrumen hutang ialah obligasi.

2.      investor merupakan pihak yang membeli/menanamkan modalnya

Para Pemain yang Merupakan Lembaga Penunjang

1. Penjamin emisi merupakan lembaga yang menjamin terjualnya saham atau obligasi sampai batas waktu tertentu

2. Perantara perdagangan efek (Pialang)

Pialang merupakan perantara antara penjual dengan pembeli surat-surat berharga. Pialang disebut juga broker. Tugas pialang meliputi: memberikan informasi tentang emiten, dan melakukan penjualan surat-surat berharga kepada para investor.

  1. Perdagangan efek

8.4  Reksa Dana (Mutual Fund)

Reksa dana (mutual fund atau investment fund) merupakan perusahaan yang kegiatannya mengelola dana-dana dari investor yang pada umumnya diinvestasikan dalam bentuk instrument pasar modal dan atau pasar uang oleh manajer investasi. Atas dana yang, dikelola tersebut diterbitkan unit saham atau sertifikat sebagai bukti keikutsertaan investor pada perusahaan reksa dana tersebut.

8.5  Lembaga penunjang pasar modal

Dilihat dari fungsinya dapat dibedakan sebagai lembaga Penunjang yang terlibat dalam pasar perdana (primary market) dan pasar sekunder (secondary market).

  1. Lembaga Penunjang Pasar Perdana
  • Penjamin Emisi Efek

Tugas penjamin efek antara lain adalah sebagai berikut:

a. Memberikan nasihat mengenai jenis efek yang sebaiknya dikeluarkan, harga yang   wajar dan jangka waktu efek (obligasi dan sekuritas kredit).

b. Dalam mengajukan pernyataan pendaftaran emisi efek, membantu menyelesaikan tugas administrasi yang berhubungan dengan pengisian dokumen pernyataan pendaftaran emisi efek, penyusunan prospektus, merancang spesimen efek, dan mendampingi emiten selama proses evaluasi.

c. Mengatur penyelenggaraan emisi (pendistribusian efek dan menyiapkan sarana-sarana penunjang).

  • Akuntan Publik

Tugas akuntan publik antara lain adalah:

a. Melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan perusahaan dan memberikan pendapatnya.

b. Memeriksa pembukuan apakah sudah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dan ketentuan -ketentuan Bapepam.

c. Memberikan petunjuk pelaksanaan cara-cara pembukuan yang baik apabila diperlukan.

  • Konsultan Hukum

Tugas konsultan hukum adalah meneliti aspek-aspek hukum emiten dan memberikan pendapat dari sisi hukum tentang keadaan dan keabsahan usaha emiten, yang meliputi anggaran dasar, izin usaha, bukti kepemilikan atas kekayaan emiten, perikatan yang dilakukan oleh emiten dengan pihak ketiga, Serta gugatan dalam perkara perdata dan pidana.

  • Notaris

Notaris bertugas membuat berita acara RUPS, membuat konsep akta perubahan anggaran dasar, dan menyiapkan naskah perjanjian dalam rangka emisi efek.

  • Agen Penjual

Agen penjual ini umumnya terdiri dari perusahaan pialang (broker/dealer) yang bertugas melayani investor yang akan memesan efek, melaksanakan pengembalian uang pesanan, dan menyerahkan sertifikat efek kepada pemesan.

  • Perusahaan Penilai

Perusahaan penilai diperlukan apabila perusahaan emiten akan melakukan penilaian kembali aktivanya. Penilaian tersebut dimaksudkan untuk mengetahui berapa besarnya nilai wajar aktiva perusahaan sebagai dasar dalam melakukan emisi melalui pasar modal.

  1. 2.      Lembaga Penunjang dalam Emisi Obligasi

Dalam emisi obligasi, di samping lembaga penunjang untuk emisi saham juga dikenal lembaga sebagai berikut:

  • Wali Amanat (Trustee)

Tugas wali Amanat antara lain:
a.  Manganalisis kemampuan dan kredibilitas emiten.

b. Melakukan penilaian terhadap sebagian atau seluruh harta kekayaan emiten yang diterima olehnya sebagai jaminan.

c. Memberikan nasihat yang diperhitungkan oleh emiten.

d. Melakukan pengawasan terhadap pelunasan pinjaman pokok beserta bunganya yang harus dilakukan oleh emiten tepat pada waktunya.

e. Melaksanakan tugas selaku agen utama pembayaran.

f. Mengikuti secara terus-mencrus perkembangan pengelolaan perusahaan emiten.

g. Membuat perjanjian perwaliamanatan dengan pihak emiten.

h. Memanggil Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO), apabila diperlukan.

  • Penanggung (Guarantor)

Penanggung bertanggung jawab atas dipenuhinya pembayaran pinjaman pokok obligasi beserta bunganya dari emiten kepada para pemegang obligasi tepat pada waktunya, apabila emiten tidak memenuhi kewajibannya.

  • Agen Pembayar (Paying Agent)

Agen pembayar bertugas membayar bunga obligasi yang biasanya dilakukan setiap dua kali setahun dan pelunasan pada saat obligasi telah jatuh tempo.

a.      Lembaga Penunjang Pasar Sekunder

  • Pedagang Efek

Di samping melakukan jual beli efek untuk diri sendiri, pedagang efek juga berfungsi untuk menciptakan pasar bagi efek tertentu dan menjaga keseimbangan harga Berta memelihara likuiditas efek dengan cara membeh dan menjual efek tertentu di pasar sekunder.

§  Perantara Perdagangan Efek (Broker)

Broker bertugas menerima order jual dan order beli investor untuk kemudian ditawarkan di bursa efek. Atas jasa keperantaraan ini, broker mengenakan fee kepada investor.

§  Perusahaan Efek

Perusahaan efek atau perusahaan sekuritas (securities company) dapat menjalankan satu atau beberapa kegiatan, baik sebagai penjamin emisi efek (underwriter), perantara pedagang efek, manajer investasi, atau penasihat investasi.

§  Biro Administrasi Efek

Yaitu pihak yang berdasarkan kontrak dengan emiten secara teratur menyediakan jasa-jasa melaksanakan pembukuan, transfer dan pencatatan, pernbayaran dividen, pembagian hak opsi, emisi sertifikat, atau laporan tahunan untuk emiten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s